The Aceh Traffic Media |
- - - »

Putra Aceh Mewakili Indonesia di MTQ Internasional Iran

Monday, June 3, 2013

Share berita ini :


Iran | acehtraffic.com- Musabaqah Tilawatil Quran Internasional ke-30 dibuka pada Jumat sore 31 Mei 2013 di Summit Conference Hall Tehran. Peserta dari 75 negara akan berpartisipasi dalam beberapa kategori musabaqah, seperti tilawah dan hafiz al-Quran. Senin 03 Juni 2013

Kepala kantor Pemimpin Revolusi Islam Iran, Hujjatul Islam Mohammad Mohammadi Golpayegani, bersama dengan Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Sayid Mohammad Hosseini dan beberapa pejabat lainnya menghadiri upacara pembukaan MTQ.
Sejumlah qari Iran dan Internasional dipilih untuk menjadi dewan juri dalam acara tersebut. Rizwan Darwish dari Suriah, Junaidin Idrus dari Indonesia, Ikmal Zaidi bin Hashim dari Malaysia, Adel Mahmoud Khalil dari Lebanon, dan Abdel Monem Ahmed Mohammad dari Sudan, termasuk anggota tim juri internasional.

Muhammad Iqbal SHi, qari Aceh cabang tilawatil Quran dan peraih juara III MTQ Nasional I Korpri di Makassar, mewakili Indonesia di MTQ Internasional Iran ke-30.

Kompetisi tahap pertama digelar Sabtu malam 1 Juni 2013  dengan menampilkan 19 qari dan 8 hafiz dari berbagai negara. Sementara Muhammad Iqbal mampu menyita perhatian dewan juri dan masyarakat Iran yang hadir di ruang musabaqah. Setiap lantunan yang keluar dari lisannya langsung disambut ucapan takbir oleh para hadirin.

Menurut laporan Muhammad Iqbal kepada Ridhwan M. Yusuf (Putra Lhokseumawe yang bekerja sebagai jurnalis di Lembaga Penyiaran Republik Islam) di lokasi musabaqah, ia merasa bangga dengan sambutan hadirin dan berharap bisa maju ke kompetisi tahap berikutnya.

,“Iran juga telah mengingatkan saya pada sejarah hubungan Aceh dengan Persia,” ujarnya.   

Musabaqah Tilawatil Quran Internasional ke-30 di Tehran akan ditutup pada tanggal 7 Juni 2013. | AT | RD | Kontributor Ridhwan M. Yusuf Lhokseumawe bekerja  di Lembaga Penyiaran Republik Islam Iran |


Redaksi menerima sumbangan tulisan dalam bentuk opini, artikel atau pengalaman pribadi. Setiap tulisan dapat dikirim ke email redaksiaceh.traffic@gmail.com dan disertai identitas dengan mencantumkan nomor telepon/email.