The Aceh Traffic Media |
- - »

Diduga Dampak Survey Seismik, Warga Nisam Keluhkan Rumah Retak Dan Sumur Kering ? Ini Kata Bupati Aceh Utara: Itu Tanggung Jawab Pemerintah Jakarta

Wednesday, December 5, 2012

Share berita ini :



Aceh Utara | acehtraffic.com - Terkait keluhan tentang adanya  keretakan rumah warga di Nisam yang di nilai oleh warga diakibatkan oleh dampak survey seismic 2D Zaratex NV di Blok Sawang – Matang Lada beberapa bulan lalu. Bupati Aceh Utara anggap itu tidak mungkin. Selasa 4 Desember 2012.

Hal itu disampaikan Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib saat ditanyai soal keluhan warga Nisam tersebut di sela-sela Milad GAM ke-36  di area kuburan DR Muktar Hasbi di Gampong Pulo Baroeh Kecamatan Samudera Aceh Utara. 

Menurutnya penilaian warga tersebut tidak mungkin terjadi karena  getaran pengeboman didasar bumi tersebut sangat kecil karena menggunakan pipa. Bilapun warga keberatan dan merasa dirugikan. " Silakan warga untuk melaporkan Zaratex NV ke Polisi, jangan lapor Bupati,” kata Cek Mad
Selain ada keluhan soal keretakan rumah, warga didesa ini, masing-masing  Gampong Meunasah Alue, Panton, Paloh Mampree, Gampong Barat, Paloh Kayee Kunyet, Meunasah Meucat, Peunayan, Jeuleukat, Meunasah Cut, Cot Untung, Binjee, Keutapang, Gampong Teungeoh, Ulee Blang, Cot Mambong, Alue Bili, Paloh Mambu, Tingkeum dan Meunasah Rayeuk kecamatan Nisam. 

Pasca seismic milik Zaratex NV warga merasakan ada yang berbeda, dimana sumur mereka yang biasanya ada air, kini warga mengeluhkan tentang  keringnya beberapa sumur warga di didesa-desa tersebut.

Terkait keluhan tersebut tersebut, reporter acehtraffic.com sempat menanyakan tanggapan Bupati Aceh utara mengenai keluhan dan asumsi warga itu tentang sebab akibat keringnya sumur tersebut. 

Audio dibawah ini adalah rekaman wawancara Bupati Aceh Utara

video
Pada kesempatan itu Muhammad Thaib tidak menampik  kalau survey seismic migas tersebut memiliki dampak, namun bupati tidak merincikan dampak apa saja yang ditimbulkan. "Dampak pasti ada  untuk masyarakat"

Ketika ditanyai tindakan apa yang akan diambil Bupati setelah mendengarkan keluhan warga Nisam tersebut? Bupati Muhammad Thaib menyebutnya itu tanggung jawab pemerintah pusat.

 “Itu adalah langsung dari pemerintah Jakarta, kita tidak tahu dimana itu (Itanyo hana tatepat peun nyan).”

Namun Bupati Aceh Utara tetap memberikan ruang kepada warganya untuk menyampaikan keluh-kesah dengan cara; bagi yang merasa dirugikan untuk melaporkan ke Keuchik Gampoeng kemudian diteruskan ke tingkat Camat, selanjutnya  ke Bupati dan langkah terakhir akan dilaporkan ke Polres.

“Setelah dilaporkan ke pihak muspida plus baru kemudian dipanggil pihak Zaratex NV,” Ujar Bupati Aceh Utara yang lebih dikenal dengan panggilan Cek Mad | AT | HR | IS | RD|

Baca Juga : 

Berita Luar Aceh Soal Seismik Migas

Berita Luar Aceh, Rumah retak Diduga Akibat Seismik

Berita Media : Jurnal Nasional Tulis Survei Seismik Rusak Rumah Warga

 

 



Redaksi menerima sumbangan tulisan dalam bentuk opini, artikel atau pengalaman pribadi. Setiap tulisan dapat dikirim ke email redaksiaceh.traffic@gmail.com dan disertai identitas dengan mencantumkan nomor telepon/email.