The Aceh Traffic Media |
- »

Kabinet 'Negara' Aceh Merdeka (alm) Hasan Tiro

Thursday, June 20, 2013

Share berita ini :



acehtraffic.com- Gerakan Aceh Merdeka Hasan Tiro lahir pada 4 Desember 1976.  Ada catatan sejarah lain menyebutkan Aceh Merdeka atau Gerakan Aceh Merdeka baru didirikan pada 20 Mei 1977.

Hasan Tiro lah yang memilih hari lahir GAM adalah pada tanggal yang disebut paling awal, dan tanggal itu disesuaikan dengan hari  proklamasi kemerdekaan Aceh Sumatera di Bukit Cokkan, pedalaman Kecamatan Tiro, Pidie.

Prosesi ini dilakukan secara sederhana, dilakukan di suatu tempat yang tersembunyi, menandakan bahwa awal-awalnya, gerakan ini adalah gerakan bawah tanah yang dilakukan secara diam-diam. Bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan, Hasan Tiro juga mengumumkan struktur pemerintahan Negara Aceh Sumatera.

Kabinet Negara Aceh Sumatera melaksanakan sidang pertamanya pada 15 Agustus 1977. Sedangkan upacara pelantikan dan pengumpulan anggota kabinet dilaksanakan pada 30 Oktober 1977 di Camp Lhok Nilam pedalaman Tiro, Pidie.

Struktur Aceh Merdeka saat itu adalah Presiden (Hasan Muhammad Tiro), Perdana Menteri (Dr.Muchtar Hasbi), Wakil Perdana Menteri (Teungku Ilyas Leube), Menteri Keuangan (Muhammad Usman), Menteri Pekerjaan Umum (Ir.Asnawi Ali), Menteri Perhubungan (Amir Ishak BA), Menteri Sosial (Dr.Zubir Mahmud) dan Menteri Penerangan (M. Tahir Husin). | AT | RD| Berbagai sumber |


Redaksi menerima sumbangan tulisan dalam bentuk opini, artikel atau pengalaman pribadi. Setiap tulisan dapat dikirim ke email redaksiaceh.traffic@gmail.com dan disertai identitas dengan mencantumkan nomor telepon/email.