The Aceh Traffic Media |
- »

Suku Terasing Di Hutan Belantara Amazon Ditemukan

Thursday, June 23, 2011

Share berita ini :
Rumah suku asli terasing di Lembah Javari, Brazil, yang nampak dari pengamatan lewat udara baru-baru ini .
Rio de Janeiro - Satu suku asli berpopulasi sekitar 200 orang dan  tidak memiliki kontak sama sekali dengan dunia luar telah ditemukan di hutan belantara Amazon di Brasil dekat perbatasan Peru, demikian pernyataan Yayasan Indian Nasional (Funai), Rabu (22/06/2011).  

Fabricio Amorim dari Funai menurut AFP menyatakan, gambar satelit dan pengamatan dari udara memastikan keberadaan suku terasing itu di lembah Javari.

Pemerintah Brazil telah melarang penduduk setempat untuk tidak melakukan kontak dengan suku yang terasing itu karena dikhawatirkan penduduk asli itu akan menginfeksi penyakit menular. Suku terasing itu dikhawatirkan pula tidak memiliki kekebalan.

Kawasan perkampungan suku terisolir di hutan Amazon yang direkam Funai beberapa waktu lalu.
Meskipun Funai belum mengadakan kontak dengan kelompok itu, Amorim mengatakan, mungkin suku itu merupakan bagian dari masyarakat berbahasa Pano yang tinggal di wilayah yang sama.

Pengamatan memakai penerbangan pesawat terbang menunjukkan sejumlah gubuk serta tanaman jagung dan pisang dalam masyarakat itu.


Funai mengkhawatirkan bahwa wilayah itu terancam oleh operasi penebangan kayu ilegal, perburuan, pencarian ikan dan kegiatan di perbatasan, seperti perdagangan narkoba,  serta penambangan emas liar yang beroperasi di tempat itu.

"Ancaman lain yang patut dijaga adalah eksplorasi minyak di Peru dekat perbatasan, ini berdampak terhadap kehidupan masyarakat adat di Lembah Javari", ujar Fabricio Amorim Koordinator Funai untuk wilayah lembah Javari.  


"Keseluruhan masyarakat adat menghuni di lembah Javari diperkirakan mencapai 2.000 orang" , tambahnya.

Menurut Amorim, pihaknya hingga saat ini telah mengidentifikasi 68 komunitas yang terisolir di Brazil. Sebagian besar mereka tinggal di kawasan hutan Amazon. 
| ZK / Antara /Dbs



Simak juga video singkat yang dirilis Survival International sejak Februari lalu, merupakan rekaman  video pertama dari udara yang unik menyoroti kehidupan orang Indian terisolir dari dunia luar. Wilayah mereka terancam  akibat operasi penebangan liar dan pengeboran minyak di daerah perbatasan Peru dan Brazil, sehingga memicu protes masyarakat internasional.  .   




Lokasi peta; 


Google Earth map 


Redaksi menerima sumbangan tulisan dalam bentuk opini, artikel atau pengalaman pribadi. Setiap tulisan dapat dikirim ke email redaksiaceh.traffic@gmail.com dan disertai identitas dengan mencantumkan nomor telepon/email.